Sekarang tanggal : 21st October 2017 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Cara Merawat Kain Sutra Tenun Jepara

Cara Merawat Kain Sutra Tenun Jepara

Cara Merawat Kain Sutra Tenun Jepara

sutra sulam 2 sutra sulam 1

sutera sulam, kain troso, kain baron, tenun baron, kain tenun baron

sutera sulam 8

sutera sulam 3 sutera sulam 4 sutera sulam 5

sutera sulam 6

sutera sulam 6

sutera sulam 7

sutera sulam 7

1. Pisahkan Pakaian dari bahan sutra dengan pakaian yang lain.

Hal ini karena mencuci kain sutra berbeda dengan yang lain, hal ini juga menghindri pakaian dari bahan sutra anda kelunturan.

2. Mencuci dengan manual dan tidak disikat
Mencuci kain sutra sangat dianjurkan secara manual, dan sangat tidak dianjurkan dicuci dengan mesin cuci, hal ini karena dapat membuat serat sutra jadi rusak dan kusut

3. Cuci dengan shampoo dan jangan menggunakan detergen
Banyak detergen mengandung zat senyawa alkali hal ini dapat merusak serat dan warna sutra akan cepat pudar. Penggunaan shampoo atau sabun khusus seperti sabun lerak lebih direkomendasikan, Shampo yang digunakan yang tidak mengandung minyak atau petroleum karena nantinya dapat membuat permukaan sutra terasa lengket

4. Sikat Secara lembut dan perlahan

Sikat secara lembut agar tidak merusak kain, jika noda susah hilang gosok dengan kulit jeruk atau gunakan cuka pada bagian noda dan gosok dengan jari secara lembut sampai noda menghilang, lalu cuci dengan shampo.

5. Tahapan Membilas Kain Sutra

Untuk membilas busana dari bahan sutra jangan sekali-sekali memeras seperti anda mencuci pakaian biasa. Bilas dengan air bersih sebanyak 2-3 kali. Dianjurkan membilas dengan air hangat agar pelapis sutera anda bersinar kembali. Tips untuk memeras adalah menggunakan handuk (jadi tidak diperas secara langsung), gulung sutra dengan handuk dan tekan hingga air merembes keluar.

6. Cara Menjemur Kain Sutra

Proses menjemur pakaian dari kain sutra cukup simple, cukup dijemur di tempat teduh/ diangin-anginkan saja. Hindari menjemur tepat di bawah terik matahari karena dapat merusak kualitas benang dan menyebabkan bahan sutra memudar. Jika bahan sutra yang anda cuci adalah jenis sarung tenun sutra, gunakan pemberat pada sisi bawahanya agar tekstur sarung menjadi lurus kembali.

7. Cara Menyetrika Kain Sutra

Untuk menyetlika sutra gunakan suhu yang rendah / hangat (warm / level silk).
Menyetrika dari bagian dalam pakaian. Saat menyetlika terlebih dahulu dilapisi kain (bisa katun)
Jika Anda ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada pakaian sutera, jangan semprotkan langsung pada pakaian suteranya. Sebaiknya, tutupi dulu pakaian suteranya dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut tadi di atas koran.
Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke pakaian sutera.

8. Cara Menyimpan Busana / Pakaian dari Bahan Sutra

Gunakan pembungkus dari bahan kain katun, jangan dengan plastic karena bisa menyebabkan jamur. Pemilihan hanger atau gantungan disarankan dari bahan lembut atau yang memiliki lapisan busa. Bisa juga gunakan kamper anti serangga/ngengat atau akar wangi untuk mengusir ngengat pada almari pakaian. Satu tips agar lemari terhindar dari rengat dengan cara beri sedikit merica yang dibungkus tisu dan letakan didalam lemari.

Sekian tips dan cara merawat pakaian/ busana dari bahan kain sutra, meskipun terlihat ribet, tapi cara ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam perawatan busana sutra anda. Semoga artikel “Tips dan Cara Perawatan Kain Sutra” dapat menjadi solusi anda dalam merawat bahan sutra agar lebih awet.

KEMEJA TENUN TROSO Kain Misris Kain Tenun Baron Obama Tenun Ikat Jepara ib-01 Kain Troso KTKM 002 Tenun Jepara nn-99912 Kain Baron Sutera Baron Sutera Tenun Troso Jepara bsa-09
* klik gambar produk
October 2017
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031