Sekarang tanggal : 21st October 2017 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Kain Troso Tenun Jepara

Kain Troso Tenun Jepara

Kain Troso Tenun Jepara

Selain terkenal dengan ukiran, Jepara juga memiliki potensi yang menarik untuk dibicarakan. Itu tak lain ialah kain tenun jepara yang diproduksi di sentra industri Tenun Troso Jepara, bertempat di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.
Tentu menjadi kebanggaan bagi warga Jepara ketika kain Tenun jepara sangat laris dan terkenal di Bali. Namun rasa bangga itu harus ditepis ketika banyak pelancong mengira kain tersebut tidak diproduksi di Jepara, melainkan di Bali. Selain Bali, banyak dijumpai di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Lombok. Di daerah-daerah itu Tenun Jepara lebih dikenal dengan sebutan kain pelangi.
Sedang di Jepara sendiri, minat masyarakat terhadap kain tersebut masih minim, terbukti dengan baru sedikitnya yang berkecimpung didalamnya. Bukannya mereka tidak mengenal, namun sempitnya wilayah pemasaran diduga sebagai sebabnya.
Masyarakat Jepara di luar Desa Troso tidak akan mendapat kain Troso jika tidak langsung datang ke desa pembuatnya itu. Jarang dijumpai penjual kain Troso di pasar-pasar tradisional Jepara. Bahkan, Pasar Pecangaan yang merupakan pasar kecamatan dari Desa Troso sendiri tidak menjualnya. Akibatnya, masyarakat Jepara lebih memilih pakaian produksi luar Jepara. Padahal kualitas Tenun Troso tak kalah dengan produk lain dari luar kota Jepara. Ini terjadi karena produk kain atau pakaian umum lebih mudah didapat di pasaran.

Perhatian Pemerintah TerhadapĀ Kain Troso Tenun Jepara

Berkembangnya Tenun Troso jepara tak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten (pemkab) Jepara. Tahun 2006, Bupati Jepara Hendro Martojo mewajibkan PNS di lingkungan kabupaten untuk mengenakan seragam batik pada hari Sabtu. Batik yang diutamakan adalah produk lokal yang tak lain batik Troso. Kebijakan tersebut diikuti beberapa sekolah di Jepara dengan mewajibkan mengenakan seragam batik troso jepara pada hari-hari yang ditentukan.
Dalam mempromosikan kain troso tenun jepara, Pemkab Jepara tidak hanya bergerak di dalam negeri, tapi sampai mancanegara. Ini diakui Hendro, ketika melancong ke luar negeri, Hendro selalu membawa kain troso tenun jepara. Namun sekali lagi, usaha konkret untuk memasyarakatkan kain Troso kepada masyarakat Jepara sendiri justru lebih penting. Mengingat banyaknya investasi yang disumbangkan dari hasil produksi kain tersebut.
Tahun 2008, kerajinan Tenun Troso berkembang hingga 238 unit usaha, menyerap 2.550 tenaga kerja. Investasi yang dihasilkan mencapai Rp 1,5 miliar. Jumlah itu didapat ketika pemasaran kain Troso masih diam di Desa Troso saja untuk kotaJepara dan ditambah wilayah-wilayah luar Jepara, angka-angka itu akan bertambah jika wilayah pemasaran di kota Jepara diperluas.Karenanya, butuh strategi pemasaran yang mampu menjangkau seluruh masyarakat Jepara. Produsen harus lebih gencar mempromosikan dan mengenalkan kain Troso kepada masyarakat. Praktisnya, memasok produk Tenun Troso ke pasar-pasar tradisional maupun modern di Jepara.
Sudah saatnya kain Troso yang ada di Jepara sejak 1935 ini mulai bergantungan di pasar-pasar. Dampaknya tentu sangat besar. Karena disela-sela belanja orang bisa melihat-lihat kain Troso, dan jika tertarik mereka bisa langsung membeli tanpa harus pergi ke Desa Troso. Apalagi di momen-momen tertentu seperti lebaran yang sebentar lagi akan datang. Sambil belanja jajanan untuk lebaran, pengunjung langsung bisa memilih baju lebaran yang tak lain pakaian produksi Troso. Di samping itu, perajin juga harus aktif meningkatkan kualitas kain yang diproduksi seiring dengan berjalannya waktu. Termasuk memperkaya motif, terutama motif-motif baru yang lebih modern. Untuk proses produksi atau pembuatan kain, perajinĀ kain troso tenun jepara tidak bisa selamanya mengandalkan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Karena jika order naik tentu dibutuhkan mesin yang bisa memproduksi kain dengan jumlah banyak dalam waktu singkat. Jadi sudah seharusnya pemerintah merealisasikan rencananya untuk memodernisasi alat-alat tenun. Namun, di samping mengganti alat tenun dengan mesin yang lebih modern perajin harus tetap mempertahankan ATBM sebagai alat sampingan, karena penggunaan ATBM akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli.Mungkin bisa dengan membedakan harga antara kain hasil olahan mesin dan ATBM. Pemkab Jepara musti turut berperan menyediakan tempat-tempat penjualan kain troso tenun jepara. Langkah strategis yang juga bisa ditempuh adalah memamerkan Tenun Troso di tempat-tempat wisata. Tenun Jepara sering di kenal dengan tenun troso jepara, tenun jepara merupakan salah satu kain ikat yang ada di Indonesia. Jika banyak kain ikat yang di proses dengan menggunakan mesin, tenun jepara tidak, Ini dikarenakan Tenun jepara dalam pembuatan tenun ikat troso nya masih menggunakan alat tradisional yang sering di sebut alat tenun bukan mesin (ATBM ).

Sejarah Tenun Jepara Khususnya Kain Troso Tenun Jepara

Tenun ikat ini dimiliki warga desa troso sejak tahun 1935 yang bermula dari tenun Gendong warisan turun-temurun,tahun 1943 mulai berkembang tenun pancal dan kemudian tahun 1946 beralih lagi menjadi alat tenun bukan mesin(ATBM) sampai sekarang,keterampilan ini juga terus berkembang seiring berjalalannya waktu atau zaman,dan produk yang di hasilkan juga semakin bagus ,setelah mengikuti pameran dengan disertai peningkatan kualitas sesuai permintaan pasar,kerajinan ini semakin dikenal bukan saja di dalam negeri tapi juga di pasaran internasional.

kerajinan tenun jepara jepara memiliki berbagai macam bentuk tenun khususnya tenun dari troso yang di produksi oleh sebagian besar orang-orang troso dan diberi nama tenun troso

kerajinan tenun jepara khususnya tenun troso itu pembuatanya tidak dengan mesin tapi menggunakan alat tenun,tenun troso juga memiliki motif diantaranya motif tenun SBY,motif tenun mirsis,motif tenun etnik,tenun sutra,batik troso,dll

kerajinan tenun jepara ini juga sudah terkenal diluar daerah jepara dan mampu bersaing dengan tenun buatan daerah-daerah lainnya

Penawaran Tenun troso jepara

Kembali Tenun Troso jepara menawarkan banyak tenun produk untuk kaum muda. Ini batik T-shirt dengan warna yang berbeda untuk gaya dalam warisan negara mereka. Untuk anak perempuan kita membawa blus batik yang mempengaruhi kain kontemporer seperti jeans dan aksen glitter.Selain kain pakaian,Tenun Troso Jepara juga Memiliki produk-produk fungsional dalam taplak meja tenun dan bantal selimut, dll. koleksi pakaian tenun kami memiliki area tema yang berbeda seperti pola dengan warna kalemnya Yogyakarta, Solo, karya seni berwarna-warni, tapi lembut dan turunannya pola Pekalongan dikenal gras terang nan warna,

Tenun Troso Jepara menawarkan harga yang relatif terjangkau anda bisa mendapatkan berbagai jenis produk Tenun troso untuk pribadi dan keluarga. toko kami hanya di desa Troso Jepara. Paket A yang Anda dapat pergi berbelanja. Tunggu, apalagi mendapatkan koleksi paling lengkap Batik hanya di kota kami. Pengalaman belanja paling komprehensif yang tersedia hanya di kain troso tenun jepara.

 

Tenun Ikat  Jepara m-01 KAIN TROSO BARON SUPER Tas Tenun Jepara Tenun Troso Baron Motif Unik Kain Ikat Motif Cerah Kain Baron Spesial Jenis Kain Tenun Troso Kemeja Tenun Jepara
* klik gambar produk
October 2017
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031