Sekarang tanggal : 21st October 2017 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Tenun Troso Jepara

 Kain Tenun Ikat Troso Jepara

Disetiap daerah di negara Indonesia ini , banyak tenun ikat yang menjadi ciri khas pakain adat yang terbuat dari kain tenun ikat itu sendiri. Setiap daerah memiliki corak, jenis dan bahan untuk kain tenun ikat. Dibali terkenal dengan tenun ikat gringsing, di sumatra tenun songket dan masih banyak lagi dan jepara sendiri memiliki kain tenun ikat yang memiliki corak yang sangat beragam daripada daerah – daerah lainnya. Kain tenun troso jepara ini sebenarnya malah lebih di kenal dengan tenun bali karean daerah yang membesarkan nama kain tenun ini berada di bali yang mana kita ketahui bahwa bali adalah daerah pariwisata yang padat akan wisatawan baik lokal dan wisatawa asing. Untuk itu tenun troso jepara sangat mudah di pasarkan dan dijuali disana daripada kota jepara sendiri yang lebih condong ke kerajinan furniture dan ukiran jeparanya. Kain tenun troso banyak beragamnya dari tenun misris, tenun baron, tenun airbrush, tenun csm, tenun katun, tenun wayang lobeng, tenun tumpal, tenun sby, tenun motif antik dan masih banyak lagi tenun troso jepara yang dapat dijadikan pilihan yang berkualitas dalam memebeli bahan kain tenun ikat untuk bahan gaun dan pakaian sehari – hari.

Tenun Troso Semakin Berkembang
Tenun troso yang berlokasikan di desa troso kecamatan pecangaan kabupaten jepara jawa tengah ini semakin di lirik konsumen di nusantara. Berkah dukungan besar-besaran bupati jepara dan masyarakat desa troso yang gencar promosi ke kota-kota lain akhirnya tenun troso banyak di lirik dan di sambut positif oleh masyarakat luas. Bupati jepara pun mewajipkan PNS di hari rabo dan kamis harus memakai seragam yang terbuat dari tenun troso. Dan yang lebih hebohnya lagi, Gubernur jawa tengah juga tertarik untuk menjadikan tenun troso sebagai seragam PNS di seluruh jawa tengah. Setelah tenun troso di jadikan sebagai seragam jawa tengah, masyarakat desa troso mulai kebanjiran order utnuk memproduksi tenun troso tersebut.
Desain Tenun Troso Yang Modern
tenun-trosoDengan perkembangan zaman yang semakin maju kini masyarakat troso jepara selalu berusaha untuk menciptakan model tenun yang antik tapi berkombinasikan dengan motif modern. Produk tenun troso yang berhasil di kembangkan dengan baik dan dapat di terima oleh masyarakat nusantara adalah motif Airbrush, Motif wayang, Motif antik dan masih banyak lagi motif lainnya yang banyak di minati oleh masyarakat luas. Salah satu kain tenun troso yang lagi ngetren pada tahun 2011 sampai sekarang adalah kain Airbrush. Kini kain airbrush lagi banyak di buru oleh masyarakat lokal dan masyarakat ibu kota (jakarta). Karena kain tenun troso jenis airbrush memang memiliki nilai seni yang tinggi.
Proses Produksi Tenun Troso Masih Tradisional
Proses produksi tenun troso yang kami lakukan masih menggunakan sistem tradisional, Yaitu masih menggunakan sistem ATBM (alat tenun bukan mesin). Karena bagi kami sitem ATBM memiliki nilai seni yang tinggi dan hasilnya pun sangat luar biasa. Bahan baku yang di gunakan untuk produksi tenun troso pada saat ini juga terbuat dari berbagai macam bahan. Bahan yang paling bagus untuk pembuatan kain adalah bahan CSM atau di sebut katun. Dan sedangkan bahan yang di gunakan untuk kain kelas atas adalah berbahan sutra. Itulah sedikit informasi tentang tenun troso.

Kerajinan tangan Kain Tenun Ikat Troso

Kerajinan tangan kain tenun ikat yang satu ini adalah hasil karya masyarakat Desa Troso di Jepara sana, Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kaupaten Jepara merupakan sentra kerajinan Tenun Ikat dan merupakan produk unggulan Kabupaten Jepara setelah industri mebel. Desa ini terletak sekitar 15 Km arah Tenggara Kota Jepara.Banyaknya pengerajin yang berkembang saat ini mennjadikan Troso semakin dikenal luas sebagai clastre home industry kain ATBM ( alat tenun bukan mesin ).

Sesuai dengan perkembangan pasar, permintaan terhadap produk Tenun Ikat Troso pun semakin berkembang mengikuti permintaan konsumen. Motif khas yang bernuansa etnis, tradisional, klasik, dan unik pun masih dipertahankan disamping motif kontemporer modern. Produk yang dihasilkan antara lain Kain Sutra, Sajadah, Bed Cover, Blangket, Sarung, Kain, Mersis (bahan Baju dan Rok), Place met, Taplak Meja dan produk-produk menarik lainnya.

Keterampilan membuat Tenun Ikat sudah dimiliki oleh warga Desa Troso sejak tahun 1935, jauh sebelum kemerdekaan RI. Bermula dari alat Tenun Gedog warisan turun-temurun kemudian sekitar tahun 1943 mulai berkembang alat Tenun Pancal dan kemudian pada tahun 1946 beralih menjadi Alat Tenun Bukan Mesin (ATMB) hingga sekarang.

Setelah Tenun Troso berkembang serta menjanjikan prospek yang cerah bagi para pengerajin dan pengusaha, Tenun kemudian bukan hanya menjadi monopoli masyarakat Desa Troso, tetapi juga mulai merambah desa sekitarnya, yaitu Desa Sowan Lor dan Desa Pecangaan Kulon, sehingga produksi bahan sandang ini semakin meningkat. Apalagi masuknya inovasi baru berupa desain-desain baru dari perancang mode yang mudah diserap oleh para pengrajin,membuat Tenun Troso melejit mengungguli tenun ikat daerah lain.

Namun sebelum sampai kondisi seperti sekarang ini, dalam setiap kesempatan para pengusaha Tenun Troso jepara senantiasa diajak dan didorong untuk mengikuti berbagai macam pameran, baik yang dilakukan didalam maupu diluar negeri. Untuk mengenalkan bentuk hasil karya kerajinan tangan indonesia memang harus deikian agar masyarakat dunia tau bahwa itu buah karya kebudayaan indonesia agar tak di akui oleh negara lain sebagai hasil karya mereka, dan kita memiliki hak patennya.
Harga Kain Tenun Ikat Troso Jepara

Harga Kain tenun ikat di daerah – daerah di Indonesia memang tergolong mahal dan kadang tidak terjangkau oleh masarakat umum. Kan tetatpi untuk harga tenun troso sendiri relatif murah karena terbuat dari bahan serat alami yang tidak mudah luntur dan tahan panas. Harga tenun troso jepara di mulai permeter Rp.10.000,- hingga Rp.35.000,- relatif sama dengan bahan kain lainnya. Harga perpotong pun mulai dari Rp.100.000 samapi Rp.600.000,- saja. Ini sangat terjangkau oleh kalangan umum, terbukti tenun troso saat ini sangat laris di pasaran lokal Indonesia sendiri, baik dari jakarta, jawa tengah, surabaya, bali, Nusa Tenggara, Riau, Aceh, Sumatra, kalimantan dan banyak daerah lain yang meminati kain tenun ikat troso jepara.
Tenun Troso Untuk Hadiah Lebaran

Banyak para perusahaan ataupun instansi – instansi lain ketika lebaran memberikan hadiah yang biasa di kenal dengan THR. Tunjangan hari raya yang di berikan hanyalah sarung biasa, sirup ataupun makanan kecil lainya. Dan semua itu dan biasa banget ada di setiap menjelang bulan puasa dan hari raya. Akan tetapi toko tenun jepara memeberikan ide dan sesuatu yang laian untuk anda untuk memberikan THR terhadap karyawan – karyawan ataupun sanak kerabat anda, yaitu dengan kain tenun ikat yang berkualitas dan benarekaragam corak, motif serta warna tenun troso jepara sangat pantas diberikan untuk mereka . dengan sesuatu yang berbeda dan lain kesan akan sangat melekat pada diri mereka denga tenun ikat troso ini. Tenun ikat troso juga dapat dijadikan parcel untuk kerabat yang jauh disana. Untuk itu jangan pernah ragu untuk memiliki kain tenun ikat troso jepara. Informasi lebih lengkap untuk bahan kain tenun jepara, motif tenun troso dan waran tenun jepara serta harga kain tenun jepara silahkan hubungi kami di nomer telephone yang tertera di samping. Kami akan melayani anda dengan tulus dan komunikatif untuk kepuasan dan kenyamanan anda dalam berbelanja kain tenun troso jepara.

Kain Ikat Katun Kain Tenun Blanket Motif Toraja Kain Baron New bssn-0111 Tenun Pelangi Tenun Troso Jepara Kain Baron Tenun Jepara Tenun Jepara Motif Antik Tenun Jepara Kain Misris Etnik Tenun Motif Pelangi
* klik gambar produk
October 2017
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031