Sekarang tanggal : 21st October 2017 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Cara Merawat Pakaian (Kain Tenun Troso)

Cara Merawat Pakaian (Kain Tenun Troso)

Ada beberapa tips agar pakaian kain tenun troso kita tetap rapi dan tidak gampang rusak :

Menyimpan batik dengan benar sama pentingnya dengan mencuci dan menyetrika batik secara benar. Jangan sampai batik yang sudah bersih justru rusak karena penyimpanannya tidak sesuai.

Ami Wahyu dalam bukunya yang berjudul Chic in Batik memberi tips menyimpan kain tenun (kain tenun troso). Kain tradisional ini harus disimpan dalam plastik atau di wadah penyimpan busana yang khusus. Model penyimpanan ini berguna agar batik tidak dimakan ngengat.

Ami menambahkan, jangan memberi kapur barus dalam plastik isi batik. Kapur barus tergolong keras dan bisa merusak kain. Supaya terhindar dari ngengat, tambahkan saja merica. Bungkus merica dengan kertas tisu atau masukkan ke kantong kain kecil.

Merica yang sudah terbungkus bukan lantas dimasukkan ke dalam plastik atau wadah isi kain tenun (kain tenun troso). Ami menyarankan agar merica tersebut dimasukkan dalam lemari pakaian.

Bisa juga, tulis Ami dalam bukunya yang diterbitkan oleh Esensi, menggunakan pewangi dari akar wangi yang sebelumnya dicelup dulu ke air panas. Jemur akar wangi yang basah hingga kering. Baru, kemudian masukkan ke lemari penyimpan kain tenun (kain tenun troso).

Kalau ingin menyemprotkan pewangi pada batik tulis, jangan lakukan secara langsung. Tutupi kain dengan kertas, misalnya, kertas tipis, baru semprotkan cairan pewangi. Sebaiknya juga tidak menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain atau batik sutra. Parfum biasanya akan meninggalkan noda yang susah hilang.

Kain tenun bukanlah kain biasa. Maka, perlu perawatan khusus untuk menjaganya. Redaksi tokotenun.com berbagi tips untuk Anda. Pertama, pisahkan kain tenun dari pakaian lain. Kain tenun yang masih baru mudah luntur, tergantung kualitas kain dan pewarna. Kedua, cuci kain tenun dengan sabun pencuci yang lembut. Tokotenun.com menyarankan untuk memakai sabun khusus untuk tenun/batik. Ketiga, cuci dengan tangan. Jangan menggunakan mesin cuci atau sikat. Untuk perawatan lebih baik, gunakan air hangat. Keempat, kucek dengan lembut. Kelima, hindari memeras kain tenun karena akan membuat kusut dan merusak anyaman antar benang. Keenam, bilas dengan air bersih Ketujuh, jemur dengan hanger yang tebal agar tidak menimbulkan bekas lipatan. Bila perlu gunakan bambu untuk menjemur. Kelima, hindari menjemur kain tenun dibawah terik matahari langsung agar warna tidak cepat pudar dan benang tetap kuat. Terakhir, setrika dengan panas rendah. Tokotenun.com menyarankan untuk memakai kain tipis diatas kain tenun agar tidak merusak kain tenun. Selamat mencoba Sumber

Baju Tenun Troso Jepara Kain Baron Tenun Jepara Kain Ikat Troso nn-42 Tenun Troso Jepara kain Kroto-03 Kain Blanket Tenun Troso Jepara new-09 Kain Baron Tenun Jepara Tenun Troso Jepara Kain Ikat Baron Tenun Motif Pelangi
* klik gambar produk
October 2017
M T W T F S S
« Apr    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031